Senin, 23 Mei 2011

MANFAAT SILABUS DAN RPP DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI


MANFAAT SILABUS DAN RPP DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI
IKA FATMAWATI

Abstract : Both syllabus and curriculum are often fused, and usually given to each student during the first class session so that the objectives and the means of obtaining them are clear. A syllabus usually contains specific information about the course, such as information on how, where and when to contact the lecturer and teaching assistants ; an outline of what will be covered in the course; a schedule of test dates and the due dates for assignments; the grading policy for the course; specific classroom rules; etc. Within many courses concluding in an exam, syllabuses are used to ensure consistency between schools and that all teachers know what must be taught and what is not required (extraneous). Exams can only test knowledge based on information included in the syllabus.
Many generalized items of a syllabus can be amplified in a specific curriculum to maximize efficient learning by clarifying student understanding of specified material such as grading policy, locations and times, other contact information for instructor and teaching assistant such as phone or email, materials required and/or recommended such as textbooks, assigned reading books, calculators (or other equipment), lab vouchers, etc, outside resources for subject material assistance (extracurricular books, tutor locations, resource centers, etc), important dates in course such as exams and paper due-dates, tips for succeeding in mastering course content such as study habits and expected time allotment, suggested problems if applicable, necessary pre-requisites or co-requisites to current course, safety rules if appropriate, and objectives of the course

Key Words: syllabus, curriculum


 


I.         PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perkiraan atau proyeksi mengenai tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP mengambarkan prosedur dan pengoraginasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus.
Adapun tujuan dan manfaat pembuatan RPP yaitu; untuk memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator, memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek, karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi pengaruh terhadap pengembangan individu siswa, karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran, berakibat terhadap nurturant effect.
RPP merupakan kepanjangan dari rencana pelaksanaan pembelajaran. RPP dibuat oleh seorang guru agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik dan terkontrol dengan baik. Beberapa guru mengunakan RPP sebagai panduan dalam mengajar, sehingga pada saat terjun di kelas, guru semakin mantap dalam mengajar. Selain itu, guru yang rajin membuat RPP berarti telah menjalankan kegiatan administrasi guru dengan baik. Jadi, bagi guru yang ingin naik pangkat harus memiliki RPP yang lengkap dan update tiap tahun. Beberapa format RPP telah kami siapkan untuk para guru agar bisa digunakan sebagai rujukan dalam mengajar.

B.     Tujuan
Tujuan dari penyusunan artikel ini antara lain  sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui definisi silabus.
2.      Untuk mengetahui definisi RPP.
3.      Untuk mengetahui bagaimana manfaat silabus dan RPP.

II.      PEMBAHASAN

A.    Pengertian Silabus dan Manfaatnya
 Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.
         Garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi/materi pembelajaran (salim, 1987:98)
         Merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajara dan penilaian yang disusun secara sitematis memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar (Yulaelawati,2004:123)
         Salah satu rancangan kurikulum pembelajaran.
         Merupakan ringkasan isi komponen-komponen kurikulum.
         Penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi, kompetensi dasar, dan pokok-pokok/uraian materi yang harus dipelajari siswa ke dalam rincian kegiatan dan strategi pembelajaran, kegiatan dan strategi penilaian, dan alokasi waktu per mata pelajaran per satuan pendidikan dan per kelas.
         Salah satu tahapan pengembangan kurikulum, khususnya untuk menjawab “apa yang harus dipelajari?”
         Merupakan hasil atau produk pengembangan disain pembelajaran, seperti PDKBM, GBPP, dsb.

1.      Isi Silabus
Berkenaan dengan komponen silabus lebih rinci dikemukan oleh nurhadi ( 2004:142) bahwa silabus berisi uraian program yang mencantumkan:
         Bidang studi yang diajarkan
         Tingkat sekolah dan semester
         Pengelompokan kompetensi dasar
         Materi pokok
         Indicator
         Strategi pembelajaran
         Alokasi waktu
         Bahan atau alat serta media

2.      Manfaat Silabus
Pedoman bagi pengembangan pembelajaran lebih lanjut:
         Pembuatan rencana satuan pembelajaran.
         Pengelolaan kegiatan pembelajaran.
         Penyediaan sumber belajar.
         Pengembangan sistem penilaian.
3.      Prinsip Pengembangan Silabus
         Ilmiah
         Relevan
         Sistematis
         Konsisten
         Memadai
         Aktual dan Kontekstual
         Fleksibel
         Menyeluruh

4.      Prosedur Pengembangan
         Persiapan - Needs/diagnostic analysis
         Penyusunan silabus – Design
         Perbaikan – Validation
         Pemantapan – pengesahan
         Pelaksanaan – Implementation
         Penilaian – Monev

5.      Tahapan Penyusunan
         Identifikasi Kompetensi Dasar
         Silabus
         Program Semester
         Satuan Pembelajaran
         Skenario Pembelajaran

6.      Komponen Silabus
         Identitas mata pelajaran.
-          Nama Mata Pelajaran.
-          Semester.
-          Deskripsi singkat MP.
-          Kedudukan MP.
-          Karakteristik MP.
-          Cakupan materi pokok

7.      Standar kompetensi
         Merupakan seperangkat kompetensi yang dibakukan dan harus dicapai siswa sebagai hasil belajarnya dalam setiap satuan pendidikan (SKL).
         Digunakan untuk memandu penjabaran kompetensi dasar menjadi pengalaman belajar.
         Urutan (sekuens) standar kompetensi menggunakan pendekatan prosedural dan hierakhis.
         Pendekatan prosedural digunakan apabila standar kompetensi yang diajarkan berupa serangkaian langkah-langkah secara urut dalam mengerjakan suatu tugas pembelajaran.
         Pendekatan hierarkis menunjukkan hubungan yan bersifat subordinate/berjenjang antara beberapa standar kompetensi yang ingin dicapai. Dengan demikian ada yang mendahului dan ada yang kemudian. Standar kompetensi yang mendahului merupakan prasyarat bagi standar kompetensi yang berikutnya.

8.      Kompetensi Dasar
         Rincian dari standar kompetensi, berisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang secara minimal harus dikuasai siswa.
         Urutannya (sekuens) menggunakan pendekatan: prosedural, hierarkis, mudah-sukar, konkrit-abstrak, spiral, tematik/ terpadu, dsb.

9.      Indikator
         Merupakan kompetensi dasar yang lebih spesifik.
         Dikembangkan oleh guru sesuai dengan kebutuhan dan potensi siswa.
         Menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan cakupan materinya terbatas, contoh: menghitung, menafsirkan, membandingkan, membedakan, menyimpulkan, dsb.
         Digunakan lebih lanjut dalam pengembangan instrumen tes

B.     Pengertian RPP dan Manfaatnya
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Rencana yang menggambarkan Prosedur  dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup1(satu) kompetensi dasar yang terdiri atas1(satu) indikator atau beberapa indikator untuk1(satu) kali  pertemuan atau lebih.
1.      Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP
         Memperhatikan perbedaan individu peserta didik.
         Mendorong partisipasi aktif peserta didik.
         Mengembangkan buadaya membaca dan menulis proses pembelajaran.
         Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
         Keterkaitan dan keterpaduan.
         Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.

2.      Tujuan dan Manfaat
         Memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator.
         Memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek.
         Karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi pengaruh terhadap pengembangan individu siswa.
         Karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran, berakibat terhadap nurturant effect.

3.      Prinsip Penyusunan
         Spesifik
         Operasional
         Sistematis
         Jangka pendek (1-3 kali pertemuan)
Berdasarkan PP 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa: Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”. Sesuai dengan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dijelaskan bahwa RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan ke­giatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

4.      Komponen RPP
RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan. Komponen RPP adalah:
a)      Identitas mata pelajaran, meliputi:
-          satuan pendidikan,
-          kelas,
-          semester,
-          program studi,
-          mata pela­jaran atau tema pelajaran,
-          jumlah pertemuan.
b)      Standar kompetensi Merupakan kualifikasi kemam­puan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.
c)      Kompetensi dasar, adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran ter­tentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompe­tensi dalam suatu pelajaran.
d)     Indikator pencapaian kompetensi, adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilai­an mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja opera­sional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
e)      Tujuan pembelajaran, menggambarkan proses dan ha­sil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
f)       Materi ajar, memuat fakta, konsep, prinsip, dan pro­sedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompe­tensi.
g)      Alokasi waktu, ditentukan sesuai dengan keperluan un­tuk pencapaian KD dan beban belajar.
h)      Metode pembelajaran, digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembela­jaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemi­lihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situ­asi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
i)        Kegiatan pembelajaran :
-          Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan un­tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
-          Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di­lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang­kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
-          Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un­tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau simpul­an, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindaklanjut.
j)        Penilaian hasil belajar, Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kom­petensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.
k)      Sumber belajar, Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kom­petensi.






III.   PENDAPAT PENULIS
Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru b erpangkal pada suatu kurikulum, dan dalam proses pembelajaran guru juga berorientasi pada tujuan kurikulum. Pada satu sisi, guru adalah penembang kurikulum. Pada sisi lain guru adalah pembelajar siswa yang secara kreatif membelajarkan siswa sesuai dengan kurikulum sekolah dan untuk menunjung hal itu seorang guru sebelum melakukan tugasnya, terlebih dahulu seorang guru harus mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan berpedoman pada silabus yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

3 komentar:

  1. isinya sangat membantu.. terimakasih ^^

    BalasHapus
  2. Thank you for this, saya akan share dengan kawan-kawan guru dan mohon izin Anda. Terimakasih

    BalasHapus
  3. Trimakasih, isinya sangat membantu, mudah di pahami, dan sisitematis sehingga sangat menolong kami dalam mempersiapkan materi seminar untuk guru-guru pemula.

    BalasHapus